Rabu, 06 Februari 2013

Berbagai Macam Kamera Digital

Canon EOS 5D Mark III Nih Broo!!

Belakangan ini kamera tuh udah jadi hal yang biasa banget mblooo. Contohnya aja di sekolah gw, banyak banget dah orang-orang yang punya kamera digital mulai dari kamera berjenis pocket, prosumer, lomo, polaroid, SLR, DSLR dan juga kamera HP (kamera juga kan?). Orang-orang yang make kameranya juga bermacem macem nih mbloo, ada yang pake karena kebutuhan dan ada juga yang pakek cuman buat gaya-gayaan doang. Ga mau ketinggalan sama yang lain, gw juga punya kamera nih mblooo tepatnya kamera prosumer Canon PowerShot SX 130 IS heheheeee *merasabanggapadahalbiasaaja*

Alesan gw beli kamera itu tuh sebenernya bukan karena ngebet banget pengen itu kamera, tapi karena kebetulan aja lagi pengen nyari kamera terus ditawarin kamera itu sama babeh. Buat gw kamera yang gw punya saat ini tuh udah lebih dari cukup sebenernya, maklumlah kalo buat pemula yang ga hobi-hobi amat sama hal-hal Seputar Kamera dan fotografi ngapaen sih harus pake kamera slr/dslr yang notabene dipake buat fotografer segala? (padahal kalo gw dikasih kamera DSLR yakin dah gw gaakan nolak). Tapi dalem segi fitur kamera prosumer gw ya jelas laah rada jauh kalo dibandingin sama kamera dslr.

Sebenernya kamera tuh bisa digolongin jadi berbagai jenis nih mbloo, tapi di postingan kali ini gw cuman mau ngulas dikit aja soal 3 jenis kamera yaitu pocket, prosumer dan slr/dslr. Mulai dari kamera pocket, dalem bahasa inggris pocket tuh artinya saku mblooo saku!!! (iya saku). IMHO (In My Humble Opinion) kenapa disebut kamera pocket karena bisa/muat dimasukin ke saku kali ya wkwkwk. Setau gw juga kamera pocket tuh punya fitur yang serba otomatis nih mbloo, jadi buat orang yang cuman mau ngeabadiin momen tanpa berharap hasil yang lebih kamera ini bener-bener cocok daah. Tinggal arahin aja mau foto kemana/foto apaan, terus teken tombol shootnya, tadaaa dapet deh fotonya.

Nah berikutnya ada kamera Prosumer (Professional and Consumer), kamera ini kurang lebih sama kaya kamera pocket cuman punya fitur yang lebih menyerupai kamera professional kaya DSLR gitu. Di Kamera Prosumer ini tentunya ada banyak fitur/mode yang serba lebih dah dari kamera pocket kaya mode manual (buat atur shutter speed, focus dsb secara manual) dan lain-lain. Bisa dibilang fitur dari kamera prosumer ga beda-beda amat sama fitur kamera DSLR, ya tapi itu semua tergantung juga sama masing-masing kamera tersebut. Satu lagi perbedaan antara kamera prosumer sama DSLR yaitu kalo kamera DSLR bisa gonta-ganti lensa, sementara kamer Prosumer kaga bisa mblooo. Jadi buat yang pengen punya kamera yang lensanya bisa diganti-ganti (mau sama lensa kecil atau yang panjang kaya bazooka) jangan pake kamera berjenis prosumer daaah kalo gamau kecewa.

Yang terakhir yaitu kamera SLR/DSLR yang punya arti sebagai Single Lens Reflex Camera atau Digital Single Lens Reflex Camera. Kamera ini banyaknya dipake sama fotografer/wartawan dan orang-orang yang punya kerjaan dibidang fotografi broo. Alesan banyak orang-orang fotografi pake kamera berjenis SLR/DSLR ini ya gara-gara fiturnya yang caem dan juga bener-bener sesuai dengan kebutuhan pengguna dah pokonya. SLR/DSLR juga lensanya bisa diganti-ganti broo, jadi bisa nyesuain lensa sama target yang mau kita foto. Kalo misalnya kita mau ngefoto orang maen basket ya pake lensa khusus buat foto olahraga bagusnya. Sama juga kalo kita mau ngefoto pemdandang/panorama, ya jelas bagusnya pake lensa khusus buat ngefoto pemandangan juga. Itulah sebabnya orang-orang yang gawe dibidang fotografi banyak yang make kamera jenis SLR/DSLR ini. Kamera jenis ini banyak dikeluarin sama produsen-produsen top broo, harganya juga relatif terjangkau sih broo sesuai sama kualitas maupun produsennya. Harga Kamera Digital Canon sama Nikon belum tentu sama kan satu sama lain.

Waah kayanya cukup segitu aja yah pengertian kasar dari kamera pocket/prosumer/dslr, kalo rada ngaco maapin ya broo namanya juga cuman mencoba berpendapat aja. Kalo punya saran/kritik ato hal yang salah yang gw tulis di article ini comment aja ya mbloo jangan segan-segan biar gw bisa cepet ngoreksinya jugaa. Daaaaaaaaaaaaaaah :D

0 comments:

Blogger Template by Clairvo