Rabu, 23 Mei 2012

5 cm : Donny Dhirgantoro

Setelah sekian lama udah ga baca novel lagi (nyentuh pun ga pernah), akhirnya beberapa hari yang lalu gw mulai ngebaca novel lagi. Novel yang pertama gw baca yaitu 5 CM karangan Donny Dhirgantoro. Gw minjem novel itu ke temen sekelas (thanks kinan :D), dari covernya novel itu keliatan simple karena cuman ada tulisan "5 CM" di depan dan tulisan lainnya yang nyatu sama warna latar cover, jadi kalo diliat dari jauh tuh cuman keliatan tulisannya tuh 5 CM doang.





Setelah gw pinjem, gw mulai baca novelnya sedikit-sedikit dan baru kelar kurang lebih 1 minggu (bacanya cuman di sekolah doang kalo lagi nganggur).
Jadi intinya novel itu bercerita tentang 5 orang sahabat yang selalu main bareng, nyelesain masalah bareng dan lain-lain. Ke-5 sahabat itu yaitu Genta, Arial, Zafran, Ian dan Riani (4 cowo 1 cewe). Sampai di suatu waktu ke-5 temen tersebut ngerasa jenuh sama temen-temen mereka dan janjian untuk ga kontak-kontakan dan ketemu selama kurang lebih 3 bulan.


Setelah lewat 3 bulan, akhirnya mereka bisa kontak-kontakan lagi dan ketemuan lagi. Genta udah bikin rencana buat liburan yang bakal mereka jalanin setelah ga ketemu selama 3 bulan, yaitu pergi ke puncak Mahameru. Selama perjalanan ke puncak Mahameru mereka udah ngobrol-ngobrol biasa lagi kayak temen lama yang udah lama ga ketemu. Selain itu juga mereka dapet banyak pengalaman, renungan dan juga pengetahuan selama perjalanan ke puncak Mahameru.


Dan setelah nyampe di puncak mahameru, bagian itulah yang paling bikin gw tersentuh, ngejawab semua pertanyaan gw selama baca novel ini dan ngebuat gw pengen kesana. Buat yang pengen tau ada apa sih di puncak mahameru yang di ceritain di novel ini, langsung aja jangan banyak basa basi beli novel ini di toko buku terdekat atau yang lagi cekak kantongnya bisa juga mijem ke temen atau ke perpustakaan. Overall rating gw buat novel ini yaitu 4/5.


Berikut ini salah satu Quote yang paling gw suka:
“Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.” ― Donny Dhirgantoro, 5 cm

Ayo yang punya jiwa nasionalisme, beli atau pinjem novel ini. Ga akan nyesel dah kalo udah baca novel 5 C M ini.

1 komentar:

Blogger Template by Clairvo